Selasa, 23 April 2013

TUGAS TULISAN 3#DUNIA TERANCAM PERANG NILAI TUKAR



NAMA                 : Puspita Ratna Dewi   (25212742)
KELAS                : 1EB20
TUGAS               : Perekonomian Indonesia (SoftSkill)
JUDUL                : Dunia Terancam Perang Nilai Tukar
 Dosen                  : S. TIWI ANGGRAENI
 DUNIA TERANCAM PERANG NILAI TUKAR
PENDAHULUAN
Alhamdulillah berkat rahmat dan hidayah dari Allah SWT akhirnya saya dapat menyelesaikan tugas ini dengan tujuan antara lain sebagai tanggungjawab atas tugas yang telah di berikan dosen dan sebagai sumber tambahan pembelajaran. Saya menyadari bahwa sebagai manusia yang memiliki keterbatasan, tentu tugas tulisan ini tidak luput dari kekurangan. Mudah-mudahan tugas tulisan ini dapat diterima dengan baik oleh dosen saya, saya senantiasa mengharapkan tugas saya ini dapat bermanfaat dan menjadi pembelajaran sendiri untuk saya agar lebih memahami dan lebih mengamati lingkungan sekitar. Tulisan saya ini berjudul, DUNIA TERNCAM PERANG NILAI TUKAR.
Dan yang melatarbelakangi saya mengambil judul ini karena yang telah kita ketahui dan yang telah kita dengar bahwa negara indonesia ini masih lekat dengan kata-kata krisis utang sedangkan negara inonesia ini masih memiliki hutang kepada negara-negara lainnya dan pemerintah berencana akan menggunakan kebijakan fisikal dan moneter untuk mengendalikan nilai tukar dan hal ini menjadi kekawatiran tesendiri bagi negara-negara lainnya. Didalam tulisan saya ini saya akan membahas sesuai dengan judul yang saya ambil semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat...


ISI
DUNIA TERANCAM PERANG NILAI TUKAR
LONDON--Negara-negara Gup Tujuh (G7) tengah mempertimbngkan penyampaian pernyataan bersama pada pekan ini yang terkait dengan nilai tukar mata uang untuk meredakan kekhawatiran dunia akan ancam perang nilai tukar. Tiga sumber bloomberg dari G-7 Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, Kanada, dan AS-mengungkapkan kelompok negara-negaraindustri maju tersebut telah menyusun teks pernyataan yang tengah dipertimbangkan oleh pejabat tinggi parlemen. Teks yang masih mungkin diubah itu berisi komitmen kepada pasar uang dan kesepakatan bahwa pemerintah negara-negara itu tidak akan menggunakan kebijakan fisikal dan moneter untuk mengendalikan nilai tukar. Desakan dari Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe kepada bank sentralnya untuk mengambil kebijakan moneter yang lebih agresif telah meningkatkan kekhawatiran dari negara-negara lain. Jepang dinilai telah dengan sengaja dan langsung memperlemah nilai tukar mata uangnya, yen, tetapi Pemerintah Jepang membantah tuduhan tersebut. Menurut sumber jepang mempertanyakan penyampaian pernyataan bersama itu.
Dalam proses pembahasannya, pihak jepang menyatakan kekhawatirannya akan menjadi sasaran kritik, dar negara-negara G-7 lainnya. Menurut sumber itu, G-7 akan menyampaikan peryataan tersebut menjelang konfrensi tingg (KTT) G-20 pada pekan ini. Para mentri keuangan dan gubernur dari bank sentral dari negara-negara G-20 yang terdiri dari G-7 dan negara-negara berkembang seperti Cina, india, Brasil dan Indonesia, akan menyelenggarakan KTT pada 15-16 Februari 2013 di Moskow. Nilai tukar yen telah melemah sebanyak 13% terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sejak pertengahan November 2012 menyusul komitmen perdana menteri jepang yang baru dilantik pada Desember 2012 itu untuk melonggarkan kebijakan moneter. Menteri perekonomian jepang Akira Amari mengatakan pemerintahnya hanya fokus memulihkan perekonomian dan tidak sengaja memperlemah yen. Rusia negara ketua G-20 untuk 2013, juga telah memperingatkan potensi saling bahas antar negara dalam memperlemah nilai tukar masing-masing yang sering disebut “perang nilai tukar”. Sementar itu para menteri keuangan 17 negara Zona Euro akan kembali fokus dalam upaya penyelesaian krisis utang , yang telah berlangsung selama 3 tahun dalam pertemuan pada senin waktu setempat di Brussels.


PENUTUP
Sekian tulisan yang dapat saya tulis dan saya buat jika ada kesalahan baik dari segi tulisan maupun bahasanya mohon di maafkan karena apa yang saya tulis merupakan sebuah pembelajar untuk saya dan menjadi sumber tambahan untuk saya agar dapat memahami dan mengamati apa yangada di sekitar lingkungan kita dan dapat di jadikan sumber maupun refernsi bagi saya dalam mengambil tema maupun judul tulisan saya. Kurang lebihnya mohon maaf semoga bermanfaat saya ucapkan Terima Kasih...



DAFTAR PUSTAKA
SUMBER       : Koran, Bisnis Indonesia Selasa 12 Februari 2013

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Happy Apple