Senin, 03 Desember 2012

TUGAS MINGGU 1




1.     
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

A.    Bentuk dasar kepemilikan bisnis:
1.      Perusahaan perseorangan: Perusahaan perseorangan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Artinya, apabila bisnis mengalami kerugian, pemilik lah yang harus menanggung seluruh kerugian itu.
2.      Firma (Fa)adalah bentuk bisnis dimana dua orang atau lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan profit. Sama seperti perusahaan perseorangan, setiap sekutu (anggota persekutuan) memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Persekutuan dapat dikelompokkan menjadi persekutuan komanditer dan firma.
3.      Perseroan Komanditer (CV) adalah suatu bentuk perjanjian kerja sama untuk berusaha bersama antara orang-orang yang bersedia memimpin, mengatur perusahaan serta bertanggung jawab penuh dengan kekayaan pribadinya, dengan orang-orang yang memberikan pinjaman dan tidak bersedia memimpin perusahan serta bertanggung jawab terbatas pada kekayaan yang diikut sertakan dalam perusahaan itu.
4.      Perseroan Terbatas (PT) adalah suatu persekutuan untuk menjalankan perusahaan yang mempunyai modal usaha yang terbagi atas beberapa saham, di mana tap sekutu/pesero turut mengambil bagian sebanyak satu atau lebih saham. Pemegang saham bertanggung jawab terbatas terhadap hutang-hutang perusahaan sebesar modal yang disetorkan. Kekayaan PT terpisah dari kekayaan pribadi masing-masing pemegang saham.
5.      Perseroan Terbatas Negara (PERSERO) sebelumnya adalah Perusahan Negara. Terjadinya perusahan Negara mengadakan penambahan modal yang ditawarkan kepada pihak swasta.
6.      Perusahan Negara Umum (PERUM) bertujuan untuk mencari keuntungan tetapi kesejahteraan masyarakat tidak boleh diabaikan.
7.      Perusahan Negara Jawatan (PERJAN) kegiatanya adalah untuk pelayanan kepada masyarakat atau kesejahteraan umum dengan memperhatikan pula segi efisiensinya.
8.      Perusahan Daerah (PD) adalah perusahaan yang modal atau sahamnya dimiiki oleh pemerintah daerah,dimana kekayaan perusahaan di pisahkan dari kekayaan Negara. Tujuanya adalah untuk membangun daerahnya.
9.      Koperasi: adalah bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya. Karateristik utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain adalah anggota koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.
10.  Bentuk perusahan yang lainya
a.       Joint (patungan) adalah kerja sama antara beberapa perusahaan yang berasal dari beberapa Negara, menjadi satu perusahaan untuk mencapai konsentrasi kekuatan-kekuatan ekonomi yang lebih padat.
b.      Trust adalah dari gabungan beberapa perusahaan menjadi satu dan masing-masing perusahaan yang bergabung telah meleburkan diri sehingga gabungan dari perusahaan tersebut merupakan sebuah perusahaan yang besar.
c.       Holding Company adalah  apa bila terjadi suatu perusahaan dalam kondisi yang kuat finansialnya kemudian membeli saham-saham dari suatu perusahan lain.
d.      Sindikat adalah kerja sama antara beberapa orang untuk melaksanakan proyek khusus di bawah perjanjian.
e.       Kartel adalah bentuk persekutuan antara beberapa perusahaan sejenis di bawah suatu perjanjian tertentu dan masing-masing perusahaan tetap berdiri sendiri, mempunyai kedudukan sama dan setiap waktu dapat membatalkan perjanjian yang telah di buat.


B.     Bisnis berdasarkan aktivitas:
1.      Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
2.      Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
3.      Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer. lihat pula: Waralaba
4.      Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral tambang.
5.      Bisnis finansial adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
6.      Bisnis informasi adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual property).
7.      Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
8.      Bisnis real estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, dan bangunan.
9.      Bisnis transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.

1.      Jelaskan alasan mengapa manusia belajar bisnis!
Belajar bisnis dibutuhkan untuk membuka cara pandang kita dalam menciptakan ide-ide atau peluang-peluang bisnis sesuai dengan kebutuhan pasar. Dan dengan belajar bisnis berati kita juga belajar menciptakan barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan konsumen yang beraneka ragam. Dengan demikian, secara otomatis konsumen merasa terpuaskan dan produsen pun bisa mendapatkan laba atau profit. Tidak hanya itu saja dengan kita belajar bisnis kita jadi tau dari keuntungan-keuntungan berbisnis dan kemungkinan kita mencoba untuk jadi pembisnis. Karena dengan kita jadi pembisnis kita membuka lapangan pekerjaan,mengurangi pengangguran dan perekonomiannya akan menjadi lebih baik.

2.      Terangkan sejarah terjadinya bisnis!
Perekonomian sudah ada sejak terciptanya manusia pertama yaitu Nabi Adam AS, karena manusia adalah makhluk sosial (zoon politicon) yang saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya. Dalam kehidupan masyarakat yang masih primitif, manusia harus memenuhi kebutuhan untuk dirinya sendiri, tidak tergantung pada orang lain. Kebutuhan yang harus dipenuhi antara lain sandang, pangan, dan papan. Dengan cara berburu hewan, bertani atau bercocok tanam secara nomaden yaitu berpindah- pindah dari satu tempat ketempat lain. Dalam kehidupan ekonominya masih berupa rumah tangga tertutup, sehingga belum terjadi pertukaran. Seiring perkembangan zaman, manusia mulai mengenal kegiatan tukar- menukar barang atau biasa disebut dengan barter. Namun, barter juga memiliki kelemahan yaitu sulitnya menemukan alat pembayaran yang senilai dengan barang yang akan ditukarkan. Hal ini dirasakan kurang efektif. Sehingga muncul kegiatan baru yang disebut dengan perdagangan. Sejak adanya perdagangan pertukaran secara berter sudah tidak digunakan lagi, karena muncul alat penukaran yang disebut uang, dengan uang manusia dapat memperoleh semua kebutuhannya dengan mudah. Uang yang dimaksud dalam sistem perekonomian jenis ini adalah benda- benda yang dianggap memiliki kekuatan magis, misalnya logam (emas dan perak). Dalam manusia yang lebih modern, manusia mengenal perniagaan, perniagaan juga merupakan kegiatan jual beli, yang menjadi pembeda hanya pada jumlah barang yang diperdagangkan. Dalam perniagaan barang yang diperdagangkan adalah barang dalam jumlah besar (unit/partai). Pada masyarakat yang lebih maju, manusia semkain berinovasi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang semakin kompleks. Manusia mulai mengenal industri, dimana adanya pemenuhan kebutuhan untuk manusia lain. Kemudian muncul istilah bisnis, alat pembayaran yang digunakan juga berkembang menjadi uang dalam bentuk Uang Kartal (kertas dan koin), Uang Giral (Cheque) dan Credit Card.Bisnis modern adalah kegiatan menyalurkan barang- barang yang meliputi perdagangan dan peniagaan. Dengan munculnya perdagangan bisnis modern semakin memudahkan kita untuk memenuhi kebutuhan yang kita perlukan.



3 komentar:

  1. Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas

    Gunadarma. Edisi
    Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10

    pemenang
    untuk setiap kategori. link
    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak

    , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana

    cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)
    @deliverdee

    BalasHapus
  2. Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas

    Gunadarma. Edisi
    Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10

    pemenang
    untuk setiap kategori. link
    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak

    , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana

    cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)
    @deliverdee

    BalasHapus

Happy Apple