Senin, 24 Desember 2012

TULISAN 3#MENAHAN BADAI BISNIS



NAMA KELOMPOK :
  1. Listya Anindya        (24212236)
  2. Mega Sri Diana        (24212517)
  3. Puspita Ratna Dewi           (25212742)
  4. Sari Mulyati             (26212853)
  5. Tiara Febdina          (27212370)
TUGAS                        :
       Pengantar Bisnis (SoftSkill)
Dosen                         :
      S. TIWI ANGGRAENI


PENDAHULUAN

Puji syukur kami panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan berkatnya kami dapat menyelesaikan tulisan ini.
 Upah Minimum Regional adalah suatu standar minimum yang digunakan oleh para pengusaha atau pelaku industri untuk memberikan upah kepada pegawai, karyawan atau buruh di dalam lingkungan usaha atau kerjanya.
Kenaikan Upah minimum di DKI membuat banyak pengusaha menjadikannya beban tapi Pihak buruh menilai kenaikan tersebut cukup wajar, meskipun masih di bawah tuntutan. Sebab, buruh menilai kenaikan ini merupakan akumulasi dari tahun-tahun sebelumnya, dimana upah minimum yang ditetapkan selalu berada di bawah survei Kebutuhan Hidup Layak .



ISI
MENAHAN BADAI BISNIS

Kenaikan upah minimum di DKI jakarta yang menjadi 22 juta per bulan sangat membuat khawatir para bisnis ritel. Bisnis ritel merupakan salah satu sektor bisnis yang paling terpukul oleh kenaikan upah minimum.  Ritel sangat rentan terhadap gejolak ekonomi karena keuntunganya sangat tipis. Margin keuntungan ritel masih di kisaran tujuh samapi delapan persen pada tujuh tahun yang lalu. Tapi sekarang anjlok menjadi setengah persen sampai empat persen.
Contoh pembisnis ritel yang harus menyesuaikan diri dengan kondisi pascabadai mengamuk adalah iqbal. Iqbal harus bertahan ketat karena penghasilanya akan terpangkas hingga 36 persen. Iqbal tidak mungkin mengurangi pegaiwai minimarketnya yang sampai 16 orang. Tim yang bekerja di minimarketnya bekerja dalam dua shift,jika mengurangi jumlah bisa menyebabkan tim kerja timpang.
Selain ritel,sektor bisnis yang terpukul dengan kenaikan upah minimum adalah bisnis-bisnis padat karya. Seperti konfeksi, sepatu, tekstil, perhotelan, restoran skala kecil, produsen makanan-minuman ringan,pertukangan,pengerajinan dan sebagainya.
Huang Yancu pengusaha bidang makanan kecil mempunyai sebelas karyawan dan di beri upah standar upah minimum. Huang Yancu memangkas labanya untuk menjaga mutu makanan kecilnya dan karyawan tidak keluar sehingga itu yang membuat dia bisa bertahan. Tapi dengan kenaikan upah minimum 40 persen Huang Yancu kelimpungan. Tapi Huang Yancu sudah menemukan beberapa langkah untuk melakukan diversifikasi produk dan menemukan laba lebih dari keragamaan produk. Kedua ekstra efisien mengunakan listik dengan ruang kerja pegawai diubah agar cahaya matahari masuk dan ketiga mengkaji ulang harga dan keempat menjaga kualitas produk agar tetap di percaya.
Di ambil dari posotifnya kenaikan harga upah minimum adalah memberi tenaga kerja kehidupan yang lebih baik dan juga energi belanja lebih besar. Tidak hanya itu saja para pengusaha besar dan pengusaha kecil justru makin kreatif dan unggul. Kreatif menciptakan produk inovatif yang di kagumi publik sehingga pantas dihargai lebih tinggi. Dan para pekerja lebih menaikkan kualitas kerja, disiplin dan kreatif.





PENUTUP

Kesimpulan
Kenaikan upah minimum di DKI memang mebuat banyak orang harus bekrja keras untuk bertahan dalam usahanya dan mencari cara untuk dapat mendapatkan keuntungan yang lebih,minimal keuntungan yang tetap seperti sekarang. Ada hal positif dari kenaikan harga upah minimum yaitu para pengusaha harus bisa bersaing dan kreatif dalam membuat pembaharuan usahanya untuk semakin laku. Dan pengusaha kecil akan makin kreatif dan unggul.

Daftar Pustaka
Sumber : Kompas, senin 3 desember 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Happy Apple