Senin, 24 Desember 2012

TULISAN 1#PELUANG BISNIS BAGI MAHASISWA



NAMA KELOMPOK :
  1. Listya Anindya        (24212236)
  2. Mega Sri Diana        (24212517)
  3. Puspita Ratna Dewi           (25212742)
  4. Sari Mulyati             (26212853)
  5. Tiara Febdina          (27212370)
TUGAS                        :
       Pengantar Bisnis (SoftSkill)
Dosen                         :
      S. TIWI ANGGRAENI
 

PENDAHULUAN
Banyak orang yang menyangkal mahasiswa mahasiswa adalah anak-anak yang masih bergantung pada orangtua, namun tak disangka banyak dari mereka yang mampu menunjukkan kepandaian dalam berwirausaha.

Sebagian besar lainnya, walaupun belum menghasilkan usaha yang nyata dan menghasilkan laba yang signifikan, sudah tergerak untuk menekuni dunia wirausaha tetapi masih terganjal sejumah faktor. Di antaranya yang paling sering didengar adalah kurangnya waktu yang bisa dialokasikan untuk berbisnis, ketakutan akan gagal, kurang luasnya jaringan, kebingungan dengan minat dan bidang usaha yang akan digarap, dan sebagainya.

Tentang faktor kebingungan mengenai minat dan bidang usaha yang akan digarap, sebenarnya hal ini bisa dipecahkan dengan membuka mata dan telinga seluas-luasnya. Artinya, mahasiswa bisa lebih peka dalam mengetahui apa yang mereka inginkan untuk tekuni dan kerjakan jika mereka mau bersungguh-sungguh dalam membuka pikiran terhadap semua hal yang ada di sekitarnya. Semakin terbuka, semakin besar peluang untuk mendapatkan ide bisnis yang brilian dan profitable..




ISI
PELUANG BISNIS BAGI MAHASISWA
         Jika kita akan melakukan suatu bisnis atau usaha maka kita harus merencanakan terlebih dahulu usaha apa yang akan kita jalani terutama kita yang masih duduk di bangku perkuliahan. Mungkin beberapa peluang bisnis yang bisa diikuti atau dijalani oleh mahasiswa misalnya sbb :
    Bisnisonline
Anda bisa memulai bisnis online dari kamar tidur. Anda bisa membuat situs, blog atau toko e-commerce yang menghasilkan pemasukan pasif meski Anda harus mengikuti perkuliahan.

Jika situs atau blog Anda sudah mendapat tempat di hati pembaca dan banyak dikunjungi, coba tawarkan ruang untuk beriklan di halaman utamanya, atau iklan dalam berbagai bentuk kepada perusahaan besar yang memiliki relevansi dengan konten yang Anda muat. Dengan demikian, perusahaan tersebut bisa dikenal oleh pembaca situs/ blog dan Anda bisa menikmatikeuntungan.

Dengan semakin banyaknya orang yang bisa mengakses internet, peluang usaha semacam ini juga makin terbuka lebar. Jika Anda seorang mahasiswa yang suka menulis atau menyukai dunia maya untuk berinteraksi dan menuangkan gagasan, cobalah peluang ini. Syaratnya diperlukan ketelatenan dan displin diri yang keras untuk membangunnya setiap hari. Meski mudah memulainya, keberhasilan dalam bisnis online (seperti halnya bisnis di dunia nyata) memerlukan waktu dan tenaga. Jadi jangan  berharap bisa meraup untung dalam waktu singkat dengan sedikit kerja keras.
Jual Pulsa 
Jika anda berniat untuk berbisnis jangan kwatir pikirkan modal , salah satu solusinya yaitu dengan berjualan pulsa , saat ini sudah banyak sekali agen pulsa yang mencari reseller dengan menawarkan kepada konsumen cukup dengan Rp.100.000 anda bisa berjualan pulsa , jika usaha ini berhasil anda bisa memulai usaha baru atau mungkin anda bisa membuat sebuah konter/ toko pulsa & Handphone
Koran/situskampus
Mungkin Anda pernah menemukan beberapa situs warta kampus atau koran kampus yang konvensional. Nah, tugas Anda adalah bagaimana membuat sebuah situs atau blog atau media kampus yang lebih mengerti aspirasi dan keinginan masyarakat kampus. Anda bisa mengajak beberapa teman untuk mendirikan blog atau situs yang menyediakan berbagai macam informasi yang sering terlupa dan remeh tetapi penting dalam kegiatan sehari-hari mahasiswa. Misalnya, tempat kos yang nyaman dan murah, daftar rumah makan atau katering yang terjangkau tetapi sehat dan bergizi, atau cara berobat hemat ke poliklinik kampus atau perawatan kesehatan lain yang jarang terlintas di pikiran kita tetapi terbukti sangat berguna bila tersedia di Internet. Isu terbaru di lingkungan kampus atau kebijakan rektorat yang patut disebarluaskan pun bisa menjadi magnet bagi para pembaca agar senantiasa mengunjungi situs. Saat sudah ramai, Anda bisa mengembangaknnya menjadi bisnis yang menguntungkan dengan memasang iklan, membangun komunitas yang loyal, meluncurkan layanan atau produk,dansebagainya.

PENUTUP
KESIMPULAN
Peluang bisnis akan ada disetiap kesempatan apabila kita mau berusaha dan jeli melihat peluang baik dibidang perlu keseriusan agar bisnisnya memuaskan. Bisnis itu mulailah dengan yang kita sukai. "ikutilah kesukaan dan gairah kita, maka kesuksesan akan mengikuti."
Jadi hal pertama, sebaiknya kembangkan dari apa yang kita suka. Kalau kita suka insyaallah akan nikmat menjalaninya. Baik jalanin bisnis maupun kuliah keduanya akan sukses jika kita bersungguh-sungguh
J


DAFTAR PUSTAKA
http://www.google.co.id/

                                                                                     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Happy Apple