Selasa, 04 Desember 2012

TUGAS MINGGU 7



1.Buatlah dengan suatu contoh kasus tentang proses produksi (input proses output) Sebutkan jenis barangnya untuk : pakaian,makanan, minuman, sepatu.
A.    PAKAIAN
INPUT : Bahan baku pakaian adalah kapas yang diolah menjadi kain.
PROSES s/d OUTPUT ……
  1. Design / Sketch : Dalam pembuatan baju, langkah pertama adalah membuat disain atau seketsa. Yang melakukan tugas ini adalah designer. Seorang designer bertugas untuk merancang baju dan menuangkan kreativitasnya ke dalam kertas seketsa. Kemudian seketsa akan dianalisa oleh panel designer. Panel designer akan memilih beberapa design yang terbaik dan kemudian design tersebut akan diproses untuk dibuatkan pola.
  2. Pola Design : Seseorang yang bertugas untuk membuat pola design akan mengembangkan pola pertama untuk didisain berdasarkan ukuran standar. Proses ini dibuat dengan metode pola drafting dan tujuan pembuatan pola ini adalah untuk menciptakan sampel baju yang kemudian akan di tes uji.
  3. Pembuatan Sampel  : Pola design yang telah jadi, dikirim ke unit penjahit untuk diproses lebih lanjut. Pola tersebut dijahit pada belacu atau kain muslin. Sampel ini dibuat untuk dianalisa antara kesesuaian pola dan design. Setelah sampel dijahit kemudian ditinjau oleh panel designer, pembuat pola, dan penjahit untuk memastikan apakah ada perubahan atau tidak. Atau sampel baju memang sudah siap untuk diproses lebih lanjut.
  4. Produksi Pola Design : Setelah contoh pola sudah oke! Maka contoh pola tersebut diambil untuk dibuatkan pola produksi. Pola produksi adalah pola yang akan digunakan untuk produksi pakaian yang lebih banyak. Pattern maker membuat pola pada kertas pembuatan pola standar yang terdiri dari berbagai kelas. Komponen paling penting, pola kertas tisu yang terbuat dari kertas teringan dan tertipis yang bisa didapatkan ditempat umum (toko kain).Pola baju dapat dibuat dengan 2 cara : cara manual dan CAD/CAM. Sekarang ini banyak pabrik baju yang mengembangkan metode CAD/CAM karena kemudahannya dalam merancang pola dibandingkan dengan cara manual. Selain itu juga banyak pembeli yang lebih memilih pabrik baju yang menggunakan medote CAD/CAM. Salah satu kelebihan pola produksi yang dibuat dengan metode CAD/CAM adalah dapat disimpan dengan mudah dan Anda juga dapat memodifikasi setiap kali Anda menginginkannya.
  5. Grading : Tujuan dari grading adalah untuk menciptakan pola dalam ukuran standar yang berbeda yaitu besar, sedang dan kecil atau ukuran standar lainnya (10, 12, 14, 16 dan seterusnya). Pada umumnya kita dapat menemukan pakaian yang sudah jadi dengan ukuran S, M, L, XL, dan XXL.
  6. Marker Making  : Marker making bertugas menentukan seberapa panjang dan lebar (dalam yard) kain yang dibutuhkan untuk setiap design. Computer software dapat membantu tim pengukur membuat tata letak kain yang pas sehingga kain dapat digunakan secara efisien. Pengukuran dibuat sesuai dengan pola-pola yang melekat pada kain. Anda dapat melekatkan pola pada kain dengan bantuan staples. seletah proses ini, maka tim pengukur akan mengetahui seberapa banyak kain yang akan dipesan.

  1. Cutting : Kain yang telah dipesan kemudian dipotong dengan bantuan mesin potong (cutting machine) yang disesuaikan dengan jenis kainnya. Atau Anda juga dapat menggunakan mesin komputerisasi yang menggunakan sinar laser untuk memotong kain dengan bentuk yang diinginkan.
  2. Sorting / Bundling : Tim pernyortir menyortir pola sesuai dengan ukuran dan designnya dan kemudian tumpukan kain itu dibuat bundle. Pada proses ini membutuhkan ketelitian karena ketika kain dikumpulkan dalam bundle tapi ukuranya tidak sama, maka dapat membuat masalah yang lebih parah.
  3. Sewing / Assembling : Proses selanjutnya adalah penjahitan. Pabrik baju yang sudah besar, memilih untuk memiliki unit penjahitnya sendiri dari pada memberikan proyek penjahitan ini kepada kontraktor. Salah satu alasannya adalah karena proses penjahitan bisa langsung dikontrol oleh pabrik itu sendiri agar dapat mengurangi “produk gagal”. Pada proses ini akan ada begitu banyak operator yang mengendalikan mesin jahit. Sebagai contoh operator A akan menjahit khusus bagian lengan, kemudian operator B akan menjahit khusus bagian kerah bajunya saja dan sebagainya. Yang pada akhirnya bagian-bagian baju tersebut dijahit hingga terbentuklah sebuah baju lengkap.
  4. Inspeksi : Setelah proses penjahitan selesai, proses selanjutnya adalah inspeksi. Dalam proses ini hasil jahitan akan diseleksi oleh quality control. Jahitan yang terbuka, teknik jahit yang salah, benang yang tidak cocok, dan benang yang kusut dapat mempengaruhi kualitas produk. Oleh sebab itu sebelum diedarkan baju akan diseleksi terlebih dahulu.
  5. Pressing / Finishing : Pada proses ini, beberapa operator akan menggerakan mesin strika untuk merapihkan pakaian yang mengkerut sehingga pakaian akan terlihat lebih rapih.
  6. Inspeksi Akhir : Pada sesi ini, pakaian akan diseleksi untuk yang terakhir kalinya. Bagi industri tekstil dan pakaian, kualitas produk benar-benar diperhatikan. Mereka tidak akan membiarkan salah satu produk mereka yang sudah diedarkan terlihat “gagal”, misal warna luntur, jahitan terbuka, kancing baju lepas, bahkan kain robek. Karena hal ini akan mempengaruhi image pabrik mereka sendiri.
  7. Packing  : Packing adalah proses terakhir dimana semua produk di-packing sesuai dengan ukuran, design, dan warna yang kemudian akan didistribusikan ke toko-toko baju.

B.     SEPATU
INPUT : Bahan baku sepatu misalnya kulit sapi yang sudah menjadi lembaran
PROSES s/d OUTPUT …..


A.    MAKANAN (Cara Pembuatan TAHU)
INPUT : Bahan baku yang digunakan untuk pembuatan tahu adalah Kacang Kedele.
PROSES s/d OUTPUT adalah 
 

1. Kedele mula-mula dibersihkan dari kedele yang berlubang dan kotoran lainnya.
2. Kedele yang bersih dan baik,kemudian direndam dalam air yang cukup.untuk kedele lokal direndam kira-kira 10 jam,kedele import cukup 4-5 jam saja.
3. Setelah cukup lama direndam,kedele dicuci dengan air bersih 2-3 kali.
4. Lalu ditiriskan hingga kesat.
5. Kedele selanjutnya siap digiling menjadi bubur.
6. Agar proses penggilingan berjalan lancar dan memberi hasil yang baik,ditambahkan air pada saat menggiling kedele.
7. Bubur kedele selanjutnya digodog diatas tungku hingga mendidih.
8. Busa yang timbul diatas bubur kedele yang mendidih,sebaiknya setiap kali dibuang.dan bubur dibiarkan mendidih selama 10 menit.
9. Bubur kedele yang mendidih kemudian diambil dan disaring dengan kain kasa dan ampasnya dibilas dengan air bersih.
10. Ampas dari saringan diperas,sampai sebanyak mungkin sari kedele terambil.
11. Kemudian sari kedele digumpalkan dengan cara menambahkan cuka encer (1 : 5).batu tahu,atau sisa air tahu yang telah didiamkan semalam,sambil terus diaduk secara perlahan.
12. Dengan mendiamkan,akan terbentuk gumpalan-gumpalan yang agak besar,yang akan terus kebawah.
13. Air diatas endapan tahu,dibuang sebanyak mungkin.
14. Endapan tahu lalu dicetak,dengan memberi beban diatasnya.
15. Setelah 10-15 menit maka jadilah tahu yang kita inginkan.
D. MINUMAN (Cara Pembuatan JUS BUAH)
    INPUT :  Bahan baku untuk membuat minuman jus yaitu buah-buahan segar
    PROSES : Buah dipotong lalu dimasukan ke dalam blender tambahkan air dan gula kemudian  blender sampai halus .
   OUTPUT : Tuangkan jus ke dalam sebuah gelas , jus siap dihidangkan .



2.Jelaskan perbedaan manajemen produksi dan produksi ceritakan dengan suatu ilustrasi.

Manajemen Produksi adalah Kegiatan mengelola secara optimal penggunaan sumber daya (factor produksi) dalam proses transformasi menjadi produk barang dan jasa .
            Jadi , untuk menghasilkan barang dan jasa perusahaan menggunakan berbagai sumber daya. sumber daya yang harus dikelola secara optimal dalam bentuk tentukan lokasi yang tepat, mencari sumber bahan baku, daerah konsumen, mengatur penempatan mesin, merencanakan proses produksi, menjaga ketepatan waktu, dan pekerjaan lain yang bersifat teknis dalam pabrik.

Produksi : Produksi adalah Suatu kegiatan atau proses yang mentrasformasikan masukan (input) menjadi keluaran (output ) .
Dalam arti sempit produksi adalah  kegiatan yg menghasilkan barang baik barang setengah jadi , barang jadi ,barang industry , suku cadang , komponen penunjang.
CONTOH :
- Produksi barang setengah jadi : mesin mobil ban mobil , beberapa perusahaan membuat dan menggunakannya sendiri, sementara produsen lainnya membelinya dari perusahaan lain sebagai barang setengah jadi.
- Barang jadi : hasil produksinya bisa langsung dipake konsumen misalnya pakaian , makanan , barang elektronik : ac, dispenser, tv, radio, mesin cuci, lemari es dll
- Barang industry : barang yang dibeli untuk digunakan sebagai proses produksi misalnya  minyak bumi. Bila industry pakaian : kapas utuk membuat kain dll
- Barang pengganti : sparepart motor , sparepart mobil, , dll
- Komponen penunjang : Yaitu barang pelengkap misalnya dalam computer : hard disc, USB, flastdisc, mouse dll
Contoh produksi :
- Produksi Makanan
- Produksi Baju
- Produksi Sepatu
- Produksi Tas
- Produksi Alat elecronik
     

3. Sebutkan pengambilan keputusan dalam manajemen produksi .
a)  pengambilan keputusan atas peristiwa yang pasti : jadi suatu keputusan diambil
berdasarkan kajian atau pengalaman dari suatu peristiwa yang pasti atau telah terjadi
b)  pengambilan keputusan atas peristiwa yang mengandung resiko
Keputusan diambil karena dalam suatu kegiatan atau peristiwa tersebut terdapat
resiko yang tidak terduga sebelumnya.
c)  pengambilan keputusan atas peristiwa yang tidak pasti : jadi keputusan diambil sebagai antisipasi terhadap reaksi dari kejadian yang belom pasti terjadi
d)  Pengambilan keputusan atas peristiwa yang timbul karena pertentangan dengan keadaan lain : keputusan diambil karena adanya pertentangan dengan keadaan lain , ini bersifat mendadak tanpa ada rencana.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Happy Apple